Translate

14 December, 2012

Tips Untuk Backpacker ke Luar Negeri. TIKET

Istilah backpacker digunakan untuk mereka yang melakukan sebuah perjalanan wisata hanya dengan membawa tas punggung untuk membawa perlengkapan seadanya dan backpacker juga biasanya akan menekan biaya perjalanan alias berhemat. Dalam tulisan ini, aku hanya berbagi pengalaman pribadiku yang sangat sedikit ketika backpacking ke beberapa negara khususnya beberapa tips yang aku anggap sangat bermanfaat jika dilakukan. Tulisanku ini aku pisah-pisah dalam subjudul untuk memudahkan membaca tips yang dibutuhkan. 

Banyak orang langsung pesimis dan geger mendengar ide untuk jalan-jalan ke luar negeri. Yang ada di bayangan kita jalan-jalan ke luar negeri hanya angan-angan belaka karena terlalu mahal dan terlalu rumit sulit dilakukan. Hal ini mengubur impian kita dalam-dalam untuk bisa menginjakkan kaki ke negeri orang. Tapi menurutku semua itu tidak benar. Berwisata ke luar negeri tidaklah selalu semahal dan serumit yang dibayangkan oleh banyak orang. Aku sendiri telah melakukannya beberapa kali dan ternyata tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya. Untuk yang pertama ini aku membahas tentang tiket.

1. Cari tiket promo

Tiket tentu saja adalah hal utama yang harus kita butuhkan jika ingin backpacking ke luar negeri. Khususnya negara yang harus kita capai dengan pesawat. Memang kita bisa saja membeli tiket pesawat kapan kita mau, tapi artinya kita harus mempunyai uang yang cukup untuk membeli tiket dengan harga berapapun. Di musim liburan, harga tiket pesawat bisa melonjak tinggi karena banyaknya orang yang ingin melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Cara jitu untuk mendapatkan tiket dengan harga murah bahkan sangat murah adalah dengan memantau situs-situs maskapai penerbangan yang memberi tiket promo pada waktu-waktu tertentu. Harga promo yang diberikan bisa sangat murah dan sangat terjangkau.

2. Sesuaikan rencanakan perjalanan dengan jadwal tiket promo

Kebanyakan tiket promo akan dipromosikan jauh sebelum jadwal keberangkatan dan kita harus membelinya dan jauh-jauh hari kita harus segera membayarnya. Pembayaran dapat dilakukan dengan membayar langsung ke agen penjualan tiket pesawat atau dengan menggunakan kartu kredit. Resiko yang harus kita ambil adalah jika kita membayar tiket promo tersebut kita tidak bisa membatalkan pembelian apa lagi yang menggunakan kartu kredit. Artinya jika batal berangkat, uang pembelian tiket tersebut akan hangus. Oleh karena itu, matangkan rencana perjalanan kita sebelum kita membeli tiket promo. Beberapa maskapai penerbangan yang aku tahu sering menawarkan tiket promo adalah Air Asia, Tiger Airways. Kita tinggal mencari situsnya melalui google. Jadi, trik yang aku gunakan adalah aku menyesuaikan rencana perjalananku dengan tiket harga promo yang aku dapat agar aku bisa berhemat. LT

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment