Translate

17 December, 2012

Tips untuk Backpacker ke Luar Negeri. HOTEL

Hotel atau penginapan adalah hal penting lain yang harus kita pertimbangkan sebelum kita melakukan perjalanan  ke luar negeri. Tentu saja jika kita punya banyak uang atau siap menghabiskan uang di hotel mewah, kita tidak perlu pusing memikirkan di mana kita akan menginap. Tapi jika kita ingin berhemat tapi masih bisa mendapatkan penginapan yang layak, kita harus cerdas untuk menyikapinya. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk berhemat.
1. Menjelajah internet untuk mencari dan memesan kamar hotel murah di negara yang akan kita kunjungi.
Umumnya hotel-hotel itu memiliki situs untuk mempromosikan hotel mereka bahkan beberapa hotel menyediakan pemesanan hotel secara online yang prabayar ataupun pasca bayar. Kemudian kita bandingkan harga kamar hotel yang satu dengan yang lain. Biasanya mereka akan menjelaskan fasilitas apa saja yang mereka tawarkan untuk setiap jenis kamar. Kita masih bisa memperoleh kamar berpendingin dan kamar mandi di dalam dengan harga yang masih masuk akal dan terjangkau plus dekat dengan objek-objek yang akan kita kunjungi. Bisa saja kita baru mencari hotel ketika kita sampai di negara tujuan. Tapi ada beberapa resiko yang mungkin kita hadapi. Pertama, mungkin saja saat itu hotel-hotel sedang penuh sehingga kita harus berusaha ekstra untuk mencari hotel yang sesuai. Kedua, jika tidak terlalu banyak menemukan alternatif hotel, otomatis kita tidak punya banyak pilihan untuk mendapatkan kamar murah. Memang ada resiko yang harus kita ambil ketika memesan kamar hotel secara online, yaitu belum tentu kamar hotel yang kita pesan akan seindah atau sebagus yang ditampilkan di situs internet. Cara mengakalinya adalah, usahakan memesan kamar tersebut untuk satu atau dua hari saja. Jika ternyata setelah kita sampai ternyata kamar itu tidak sesuai dengan apa yng kita bayangkan, kita bisa pindah ke hotel yang lain.

2. Menginap di bandara bila perlu
Bandar udara internasional menurutku adalah salah satu tempat yang cukup layak untuk kita jika kita harus bermalam di sana dan kita bisa menghemat uang untuk membayar kamar hotel. Tipsnya adalah, kita harus memastikan jadwal penerbangan yang akan kita lakukan. Seandainya kita tiba di suatu negara tujuan di malam hari atau harus transit di suatu negara pada malam hari dan akan melanjutkan penerbangan kita di pagi harinya, menginap di bandara adalah suatu hal yang dapat kita lakukan ketimbang mencari hotel. Ada banyak penumpang yang biasanya bermalam di bandara sebelum meneruskan perjalanan mereka keesokan harinya. Kita tinggal mencari sudut nyaman strategis untuk membentang alas tidur yang kita punya atau koran yang bisa kita beli di Bandara. Kita bisa menggunakan kamar mandi bandara untuk sekedar mencuci muka dan menyikat gigi. Selain bisa berhemat, kita juga tidak akan khawatir ketinggalan pesawat keesokan harinya karena kita masih berada di area bandara.

3. Hubungi teman atau saudara bila ada
Jika kita memiliki teman atau saudara yang dapat kita tumpangi, itu akan lebih baik. Tapi jangan tiba-tiba mengontak mereka yang sebelumnya tidak pernah kita hubungi dan langsung meminta tumpangan. Jalinlah dulu komunikasi yang baik dengan mereka sebelum kita berangkat. Bila perlu siapkan souvenir atau oleh-oleh yang gampang dibawa untuk mereka. Kita harus menginformasikan dengan jelas kapan kita akan datang jadi mereka bisa bersiap-siap.

4. Bergabung dengan jaringan traveler dunia
Saat ini banyak sekali jaringan-jaringan traveler dunia yang dapat membuat kita berkenalan dengan orang-orang yang tertarik dengan dunia traveling. Jika kita bergabung menjadi anggota klub, kita bisa menghubungi anggota klub lain yang berdomosili di negara yang akan kita tuju dan mengontak mereka apakah bersedia memberi penginapan gratis kepada kita untuk beberapa hari. Biasanya jika mereka tidak sibuk, mereka akan menerima kita. Tentu saja kita harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka sehingga mereka percaya kalau kita tidak punya maksud tidak baik. Yang aku tahu dan aku coba sendiri bisa dibuka di www.couchsurfing.org