Translate

17 December, 2012

Tips untuk Backpacker ke Luar Negeri. UANG

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang adalah modal terpenting kita untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri. Bersyukurlah jika kita tidak punya kendala keuangan. Tapi perlu diingat bahwa kita tidak selalu harus memiliki uang yang banyak untuk bisa ke luar negeri. Dengan latar belakang ekonomi dan pekerjaan yang berbeda-beda, kita masih bisa menyisihkan uang untuk jalan-jalan ke luar negeri. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dipertimbangkan.

1. Menabung pribadi

Menabung sendiri dengan menyisihkan gaji atau uang saku yang memang secara khusus kita peruntukkan untuk jalan-jalan bisa dilakukan. Sekalipun butuh waktu panjang untuk bisa mengumpulkan uang yang cukup, mengapa tidak? kita bisa melakukannya dengan kesadaran bahwa suatu saat kita bisa mewujudkan salah satu mimpi kita. Besaran uang yang kita tabung disesuaikan dengan kesanggupan kita. Yang penting adalah konsistensi kita untuk tetap rutin menabung dan tidak menggunakannya untuk kepentingan lain.

2. Menabung kelompok

Melakukan perjalanan secara berkelompok akan sangat mengasyikan. Kebersamaan bisa dimulai dengan membuat satu tabungan bersama yang uangnya akan digunakan untuk biaya jalan-jalan ke luar negeri. Sebuah sistim organisasi sederhana dapat dibentuk. Pilih seseorang yang diangkat sebagai bendahara yang mengatur masalah penyimpanan uang. Lagi-lagi konsistensi anggota kelompok menjadi sangat penting dalam hal ini. 

3. Melakukan usaha kecil-kecilan bersama

Untuk yang kreatif, menciptakan bisnis atau usaha bersama merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan uang tanpa harus mengganggu keuangan pribadi masing-masing. Meskipun untung yang diperoleh tidak begitu besar, jika dilakukan secara serius, tetap bisa memberi untung yang bisa dimanfaatkan untuk biaya jalan-jalan.

No comments:

Post a Comment