Translate

17 December, 2012

Tips untuk Backpacker ke Luar Negeri. MAKANAN

Bagiku, Makanan adalah salah salah satu hal penting lain yang harus menjadi perhatian. Beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan tentang makanan yang pasti adalah pertama, makan di restoran di negara lain bisa menyedot isi kantong kita karena mahal. Kedua, jenis makanan yang kita temukan di negara lain belum tentu sesuai dengan selera kita. Ketiga, bagi yang muslim, untuk memperoleh makanan yang halal di negara lain terutama negara Islam minoritas bisa menjadi suatu sebuah tantangan. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:
1. Membawa rice cooker
Jika pergi berkelompok, bagi kita pemakan nasi, rice cooker bisa menjadi dewa penolong yang sangat membantu. Rice cooker bisa digunakan untuk menanak nasi, merebus mi instan, bahkan merebus air untuk teh atau kopi bila diperlukan. Tidak akan merepotkan untuk membawa sebuah rice cooker mini ke dalam backpack kita. Aku berbagi pengalamanku dengan rice cooker di tulisanku yang lain, baca: http://lukmantanjung.blogspot.com/2012/12/rice-cooker-goes-international.html 
2. Membawa makanan atau bahan makanan yang bisa dibawa
Banyak jenis makanan yang bisa kita bawa jika kita tidak ingin mengambil resiko makan makanan mahal, tidak sesuai selera atau yang tidak tidak jelas halal atau tidak. Makanan dan bahan makanan seperti rendang, sambal kering, mi instan, dan sambal instan menjadi pilihan luar biasa tepat jika kita mau berhemat namun tetap bisa makan enak. Bahkan untuk pertahanan di awal-awal, beraspun bisa dibawa mendampingi rice cooker yang bisa juga kita bawa sebelum kita bisa menemukan tempat yang menjual makanan atau bahan makanan yang layak kita makan.
3.  Mengumpulkan informasi tentang restoran atau tempat makan yang menjual makanan yang bisa kita makanan.
Ketika kita berada di negeri orang, tentu saja kita tetap ingin merasakan makanan khas di tempat tersebut. Bekal yang kita bawapun tidak mungkin bisa mencukupi kebutuhan makan kita jika kita bepergian untuk waktu yang lama. Akan sangat membantu jika sebelum melakukan perjalanan, kita pesiar di dunia maya mencari tempat-tempat yang menjual makanan yang layak kita makan dari segi harga, kesehatan, cita rasa, dan keyakinan agama kita. Internet akan sangat membantu kita. Dengan bekal informasi yang cukup detail, kita tidak perlu panik karena takut kelaparan di negeri orang. 
 
 

No comments:

Post a Comment